SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah hal yang penting dalam dunia ecommerce yang harus kita lakukan. Tapi dari mana kita harus memulai? Kebanyakan orang, menghabiskan waktu setiap harinya hanya untuk SEO. Sedangkan di sisi lain, pemilik bisnis online sibuk dengan prioritas lainnya.

Tapi jangan khawatir, SEO tidaklah sesulit yang dibayangkan. SEO hanyalah bagian dari strategi marketing yang harus diterapkan pada web. SEO relatif sederhana, mudah diterapkan, tapi juga membutuhkan kesabaran. Namun, dengan sedikit perencanaan yang tepat, setiap pengusaha ecommerce bisa melakukannya dan mendapatkan keuntungan dari SEO.

Pada artikel ini, kami telah mengumpulkan 10 pertanyaan SEO yang harus dijawab sebelum membuka toko online. Pertanyaan-pertanyaan ini saling berhubungan satu sama lain untuk membangun strategi SEO sederhana yang mencakup semua dasar-dasar SEO. Oke, mari kita mulai.

1. Kepada siapa kita akan menjual?

Sebelum mulai melakukan brain storming kata kunci untuk mengembangkan strategi sosial media, atau untuk menuliskan deskripsi produk, kita harus tahu persis siapa audiens kita. Ini adalah kriteria dasar untuk pemasaran semua bisnis, baik online maupun offline. Pertimbangkan dua pertanyaan berikut ini:

  • Kriteria produk seperti apa yg dibutuhkan pelanggan?
  • Apa yang biasanya dicari pelanggan?

Membuat persona pelanggan adalah langkah penting pertama untuk mendapatkan target audiens yang tepat dan memfokuskan upaya pemasaran yang efektif.

2. Kata kunci (keyword) apa yang kita gunakan pada mesin pencari?

Kata kunci adalah sekumpulan kata yang menentukan hasil pencarian situs kita pada mesin pencari. Buatlah daftar kata kunci yang berhubungan dengan produk kita, dan juga buat kata yang lebih spesifik atau kombinasi kata kunci panjang (long tail keyword) yang mungkin digunakan pelanggan untuk mencari produk kita.

Semakin spesifik kata kunci yang kita gunakan, semakin besar peluang produk kita ditemukan oleh pelanggan yang membutuhkan. Kata kunci ini akan menentukan struktur situs, mengambil halaman produk yang menarik dan menghasilkan konten yang bernilai.

3. Kata kunci apa yang digunakan kompetitor?

Dalam SEO, terdapat dua jenis competition:

  • Search competition
  • Real competition

Search competition adalah segala sesuatu yang muncul ketika kita memasukan kata kunci. Sedangkan Real competition adalah berasal dari kompetitor yang menjual produk serupa.

4. Apakah katalog mengandung kata kunci yang cukup kuat untuk bisa bersaing?

Setelah kita mengidentifikasi kata kunci, dan mengetahui apa yang dilakukan kompetitor. Selanjutnya adalah memastikan bahwa kita juga memiliki katalog yang cukup kuat untuk bisa bersaing di halaman pencarian. Misal, meskipun kita membuat halaman tentang gaun, belum tentu halaman itu akan muncul di hasil pencarian.

Oleh karena itu, kita harus memiliki katalog yang kuat dengan banyak referensi yang sesuai dengan kata kunci atau memiliki sebuah niche yang sangat spesifik dan khusus.

5. Apakah struktur website toko online sesuai dengan kata kunci?

Kita tahu kepada siapa harus menjual, kita juga telah memiliki kata kunci dan katalog yang kuat. Selanjutnya adalah menuju ke pemetaan situs toko online.

Ingat, bahwa kita sedang membuat sebuah toko online untuk menyenangkan pelanggan, bukan mesin pencari. Untuk membangun situs yang memiliki peringkat yang bagus dalam hasil pencarian, memerlukan kombinasi dengan memperhatikan kata kunci dan pengalaman pengguna.

6. Apakah halaman produk benar-benar bisa menjawab pertanyaan pelanggan?

Setelah kita merancang situs dengan struktur yang baik, langkah selanjutnya adalah mengisinya dengan halaman produk yang sangat informatif. Ingat, jangan menulis hanya untuk mengejar peringkat di Google, tetapi untuk memberikan layanan kepada pelanggan.

Jika toko online ibarat seperti toko fisik, maka halaman produk merupakan staff ahli dalam bidang penjualan. Menjawab semua pertanyaan pelanggan, termasuk yang mereka bahkan tidak tahu. Sehingga kita bisa mendapatkan kepercayaam, membangun loyalitas dan meningkatkan konversi. Itulah bagaimana cara yang baik untuk meningkatkan peringkat di Google.

7. Bagaimana cara membuat orang membicarakan tentang toko online kita?

Kita mungkin memiliki salah satu produk terbaik diantara produk lainnya, tapi jika tidak ada satu pun orang yang tahu tentang produk tersebut, bisnis kita tidak akan bekembang. Luangkan waktu untuk mencari tahu siapa saja influencer toko online kita? Siapa orang yang memberikan anjuran atau rekomendasi? Mereka itulah orang-orang yang ingin tahu tentang toko online kita

Misal, jika kita adalah seorang retailer pakaian wanita, mulailah menjalin hubungan dengan para blogger fashion terkenal, atau mungkin kita sebagai penjual parfum, kirimkan sample/contoh ke beberapa blogger dan mintalah mereka untuk mereview produk kita disitus mereka.

8. Apakah harus memiliki blog sendiri?

Ketika berbicara tentang blog, kita benar-benar berbicara tentang content marketing. Sebuah blog memberikan kesempatan untuk menyoroti apa keahlian kita, serta produk kita. Blog adalah tempat di mana kita bisa memberikan saran dan penjelasan untuk membuat konten yang bernilai/bermanfaat, dan Google menyukai konten yang bermanfaat.

Blog yang paling bernilai/bermanfaat adalah yang mampu menghasilkan loyalitas pelanggan.

9. Seperti apa strategi sosial media kita?

Jika kita memiliki sebuah blog, berarti kita telah memiliki setengah dari strategi sosial media. Ingat, bahwa sosial media cenderung hanya akan memberikan visibilitas, tetapi tidak menjamin peringkat tinggi pada hasil pencarian. Sosial media adalah elemen tambahan setelah kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan SEO sebelumnya.

Jika kita baru mulai, persyaratan minim untuk membangun kehadiran dalam sosial media adalah dengan membuat akun Facebook dan Twitter. Kemudian kita bisa menambahkan akun Google+, Pinterest, dan Instagram. Cara ini akan sangat efektif jika kita memiliki konten visual yang tinggi untuk dibagikan.

10. Bagaimana cara mengetahui apakah usaha SEO kita membuahkan hasil?

Pengujian strategi SEO sangatlah penting. Gunakan Google Analytics untuk mengidentifikasi semua sumber-sumber utama dari traffic toko online kita dan memeriksa mana saja yang menunjukan peningkatan penjualan.

Itulah 10 pertanyaan SEO yang bisa kita gunakan sebagai acuan sebelum membuka web toko online, lalu bagaimana cara memaksimalkan SEO? Silakan temukan jawabannya di Tips SEO Dasar Untuk Pengusaha Toko Online. Semoga bermanfaat.

    4 Comments

  1. gue lagi nyari-nyari keyword research lumayan nambah2 wawasan, secara udah ngantongi kw competitor cuma masih bignung nyainginnya….mantep nih materi, trims

    • Semangat kak. Semoga berhasil 🙂

  2. untuk poin ke 3, ane mengalami sedikit masalah mas,, karena cara menganalisa keyword tertarget dari kompetitor terlalu rumit, di karenakan website kita memiliki unsur dan bidang yang sama dengan mereka,, apakah ada cara lain untuk menemukan keyword yang baik untuk website kita?

    • Halo Kak….silakan Kakak bisa menggunakan Keyword yang unik. Misal jika Kakak ingin membuat keyword “jam tangan original”. Keyword tersebut sudah sangat banyak pesaing yang websitenya sudah lama aktif dan website marketplace semacam etsy, lazzada, tokopedia. Mungkin kita bisa coba yang lebih spesifik misalnya “jam tangan original Jakarta”. Selamat mencoba 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *