Forum

Forum marketing adalah cara yang bagus untuk membuat bisnis Anda berdiri keluar dari keramaian. Pengguna forum biasanya adalah orang yang cerdas dan terbuka untuk melakukan pembelian secara online. Banyak pengguna forum juga menghormati para ahli dan bloggers dalam topik tertentu dalam forum.

Forum marketing adalah strategi ROI tinggi, karena membuat kesan yang baik di depan audiens yang cerdas dan berpengaruh dapat membantu memperluas pesan pemasaran Anda.

Berikut langkah-langkah bagaimana menggunakan forum marketing secara efektif sebagai bagian dari keseluruhan strategi pemasaran online Anda dan menghindari kesalahan umum.

1. Temukan forum yang tepat untuk niche market Anda

Tidak semua forum cocok untuk niche Anda. Forum marketing yang sukses berarti mencari komunitas yang tepat untuk bisnis Anda.

Carilah forum populer yang mencakup topik niche Anda. Mulai dengan bertanya pada karyawan, suppliers, dan pelanggan di mana komunitas online hang out. Selain itu, lakukan pencarian di Google untuk kata kunci yang berhubungan dengan niche Anda dengan menambahkan kata “forum”. Misalnya, jika bisnis Anda adalah tentang pemasaran motor Anda bisa melakukan pencarian “forum motor”.

Anda mungkin akan menemukan ratusan, atau bahkan ribuan forum di Google. Persempit pencarian Anda menjadi 5-10 forum yang bernilai dengan menggunakan kriteria berikut:

  • Carilah forum yang memiliki minimal 1000 anggota dan 10000 posting.
  • Pastikan forum memiliki setidaknya 10-15 posting baru setiap hari.
  • Hindari forum yang dipenuhi spam.
  • Hindari forum yang dibuat langsung oleh kompetitor Anda.

2. Buat akun forum online Anda

Setelah menemukan forum yang tepat, segera untuk mendaftar akun forum online Anda.

Senioritas dalam sebuah forum komunitas sangat penting. Pengguna dengan tanggal pendaftaran lebih lama akan dihormati dari pengguna baru. Beberapa forum bahkan mencegah pengguna baru untuk posting dalam beberapa hari pertama setelah pendaftaran awal mereka.

Forum marketing yang efektif berarti bahwa itu adalah bagian dari strategi jangka panjang. Pikirkan forum sebagai saluran pemasaran tetap untuk bisnis Anda, bukan hanya salah satu dari banyak target untuk meledakan kampanye iklan baru Anda.

3. Pahami petunjuk sebelum posting

Selama proses pendaftaran, Anda akan diminta untuk menyetujui perjanjian pengguna dan petunjuk posting dalam forum. Baca aturan dan petunjuk tersebut dengan hati-hati. Ada banyak bahasa hukum boilerplate dalam dokumen, sehingga tergoda untuk mengabaikannya dan mengklik Ya atau Yes tanpa membacanya. Namun, banyak forum yang memiliki panduan khusus yang perlu Anda perhatikan. Berikut beberapa masalah yang paling penting untuk diperhatikan:

  • Apakah pengguna diperbolehkan untuk menempatkan link di posting?
  • Apakah pengguna diperbolehkan untuk mempromosikan bisnis mereka sendiri?
  • Apakah pengguna diperbolehkan memposting pesan komersial di signatures mereka?
  • Apakah pengguna diperbolehkan untuk menghubungi anggota lain untuk tujuan komersial?
  • Apa batasan untuk pengguna baru?
  • Apa saja hak-hak istimewa yang diberikan untuk pengguna veteran?

Melanggar salah satu aturan ini dapat merusak upaya Anda membangun hubungan baik, kepercayaan, dan kredibilitas dengan dengan komunitas forum.

4. Gunakan username dan avatar yang baik

Username dan avatar adalah hal pertama yang pengguna lain lihat tentang Anda. Gunakan username yang mudah diingat dan diucapkan. Anda bisa menggunakan nama asli, atau yang berhubungan dengan merek Anda. Hindari kombinasi angka yang aneh atau ejaan yang salah.

Avatar adalah gambar kecil yang melekat pada semua posting Anda. Anda bisa menggunakan foto diri sendiri atau gambar-gamabr lucu untuk dijadikan avatar. Hindari penggunaan gambar yang mungkin dianggap menyinggung atau kontroversial.

Saran terbaik adalah untuk menggunakan gambar/foto diri Anda sendiri, karena orang lebih suka berinteraksi dan melakukan bisnis dengan orang-orang yang nyata.

5. Buat profil pengguna Anda

Profil yang baik dapat membantu Anda membangun kredibilitas pada forum. Berikan deskripsi yang jelas tentang keahlian dan pengalaman Anda. Informasi seperti tempat tinggal, nama hewan peliharaan, atau tim olahraga favorit Anda adalah cara yang baik untuk lebih terbuka.

Berikan informasi kontak yang jelas sehingga pengguna lain dapat menghubungi Anda jika tertarik untuk belajar lebih banyak tentang bisnis Anda. Ada banyak spammer dan pencuri identitas yang mencari informasi pribadi pengguna melalui forum. Sehingga, jangan bagikan informasi penting Anda untuk publik, seperti alamat email yang digunakan.

Sebagian besar forum saat ini memungkinkan untuk link post Anda ke halaman Facebook, profil LinkedIn, akun Twitter bersama akun media sosial lainnya seperti Pinterest dan Instagram. Pastikan Anda memanfaatkan platform ini dan menglinkkan setiap post ke semua akun media sosial.

6. Perkenalkan diri Anda ke komunitas

Banyak forum mendorong pengguna baru untuk memperkenalkan diri kepada komunitas dengan membuat posting perkenalan. Hal ini biasanya dilakukan pada threads terutama ditujukan untuk menyambut anggota baru. Nama threads ini biasanya bervariasi “Say Hi Here,” “How Did You Find Us,” atau “ New Members Check In Here.

Posting perkenalan Anda harus menyertakan deskripsi singkat tentang keahlian Anda dan penjelasan tentang alasan Anda bergabung dengan forum. Biarkan pengguna lain tahu bahwa tujuan utama Anda adalah untuk berkontribusi dan belajar dari komunitas. Jangan membuat pemasaran apapun di posting pertama Anda. Jika Anda memaksa untuk menjual sesuatu di posting pertama Anda, Anda mungkin akan di banned.

7. Luangkan waktu untuk “beradaptasi” di forum

Forum adalah komunitas yang cenderung untuk menjauhkan diri dan kabur dari pendatang baru. Luangkan waktu untuk membaca-membaca pada forum untuk memahami kebiasaan tertenu komunitas dan budaya forum. Mencari tahu siapa pengguna yang berpengaruh dan melihat topik yang favorit. Mempelajari semua informasi ini akan membantu Anda menyesuaikan diri lebih cepat pada forum.

Anda juga akan mendapatkan banyak pemahaman yang berharga tentang pertanyaan apa yang paling umum di pasar Anda, masalah yang sering dihadapi orang, dan solusi apa yang ditawarkan.

8. Membuat kontribusi berharga dan berguna untuk komunitas

Ini adalah kunci sukses forum marketing. Setiap kali ada yang bertanya yang berhubungan dengan produk atau jasa, jawab pertanyaan mereka dengan jawaban yang berguna. Ini adalah kesempatan bagus untuk menunjukkan keahlian dan niat baik Anda.

Jauhkan pikiran Anda tentang penjualan di awal. Dengan mempertahankan jawaban obyektif Anda, seluruh komunitas akan mulai berpikir tentang Anda sebagai ahli yang terpercaya. Mereka akan segera mulai meminta rekomendasi Anda. Ketika Anda mendapatkan pertanyaan langsung untuk rekomendasi, Anda mungkin bisa mulai menyebutkan bisnis Anda dengan aman.

9. Masukkan URL website Anda di signature file

Forum signatures adalah blok teks atau grafis yang melekat pada akhir semua posting. Kebanyakan orang menggunakan signature untuk menampilkan kutipan favorit mereka atau link ke website favorit mereka. Beberapa forum juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan signature untuk mempromosikan website mereka sendiri. Jika Anda berada di sebuah forum yang memungkinkan signature promosi diri, pastikan untuk mengambil kesempatan ini dan membuat signature forum marketing.

Jangan menyalahgunakan kesempatan ini dengan menempatkan gambar mencolok atau pesan iklan yang panjang di signature Anda. Sebuah deskripsi singkat dari bisnis Anda dan link ke website adalah cara terbaik untuk membuat signature.

10. Hindari kontroversi dan drama di forum online

Jangan ikut terlibat pada argumen yang panas. Ini dapat menyebabkan Anda di banned hanya karena memulai berdebat argumen emosional dan kontroversial yang melibatkan politik, agama, dan topik panas lainnya. Perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum Anda membuat posting atau menanggapi posting di forum online:

Fokus pada misi dan tujuan awal Anda untuk membangun niat baik untuk bisnis Anda.
Jauhi topik yang berbau SARA.
Menahan diri untuk menanggapi kritik. Jika harus menjawab, setidaknya berikan jeda waktu beberapa jam untuk menjawab.
Gunakan emoticon untuk menunjukkan jika Anda sedang menyindir.
Akhiri diskusi jika suasana mulai tidak kondusif.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *