Tidak peduli seberapa besar (atau kecil) toko online, para pemilik toko online selalu mencari cara bagaimana untuk mengkonversi pengunjung. Tingkat konversi pada dasarnya merupakan lini depan bisnis online. Konversi e-commerce mencakup berbagai kegiatan dari pembelian produk, berlangganan, hingga newsletters.

Karena keberhasilan sebagai pelaku ecommerce tergantung pada tingkat konversi, kali ini kita akan membahas 5 rahasia bagaimana untuk membuat konversi ecommerce yang lebih baik.

1. Mobile friendly

Google dan Nielsen melakukan penelitian tahun lalu untuk mempelajari lebih lanjut tentang pembeli dan mereka menggunakan ponsel. Mereka menemukan bahwa 93% orang yang menggunakan ponsel untuk melakukan pembelian. Untuk mengkonversi pembeli ponsel, toko online harus mudah diakses pada perangkat mobile. Setiap situs yang mobile friendly harus memiliki syarat berikut ini:

– Memiliki tombol besar yang mudah digunakan
– Fit ke segala ukuran smartphone
– Dapat dimuat cepat dengan mobile internet

2. Gambar yang mempesona

Gambar bisa jadi mewakili seribu kata. Jadi pastikan buat gambar produk yang menarik, ada beberapa cara-cara sederhana untuk meningkatkan gambar produk:

– Gunakan kualitas gambar yang sesuai – tidak harus gambar dengan pixel besar atau memakan waktu yang lama untuk di muat.
– Buat fitur untuk memperbesar gambar produk agar pelanggan mendapatkan tampilan yang lebih maksimal atau untuk memeriksa detail tertentu.
– Gunakan latar belakang yang konsisten
– Pelajari lebih dalam artikel tentang cara untuk Meningkatkan Produk Foto untuk Toko Online

3. Fitur pencarian yang baik

Bantu pelanggan menemukan apa yang mereka inginkan. Menggunakan bar pencarian adalah awal yang bagus, tapi itu hanya membantu jika pelanggan tahu nama-nama produk tersebut. Gunakan filter pencarian untuk memudahkan pelanggan menemukan produkmu. Masukan filter seperti warna, harga, atau ukuran untuk untuk membantu mempersempit katalog produk.

4. Mendorong untuk belanja

Untuk mendorong pelanggan belanja di toko onlinemu tawarkan alat-alat yang membantu meningkatkan pengalaman belanja yang lebih baik. Misalnya gunakan menu komparasi produk satu dan yang lainnya, produk pelengkap (cross selling), dan masih banyak lagi.

5. Berikan insentif

Semua orang pasti senang jika mendapatkan penawaran yang bagus, ajak pelanggan yang berada diluar dengan memberikan insentif. Kuncinya ada pada ‘penawaran’ dan ‘promosi’. Kamu bisa menawarkan voucher belanja untuk mereka yang berlangganan newsletter atau buat promosi untuk produk-produk tertentu.

Mari mulailah tingkatkan konversi toko onlinemu sekarang juga!

    4 Comments

  1. Terima kasih postnya sangat membantu, saat ini saya mempunyai blog jualan online dan banyak sekali pengunjung via seluler, selain tombol besar saya berfikir kalau seaindainya ada fitur yang langsung bisa sms saat mode seluler tentunya bagus sekali. apakah ada yang memiliki fitur demikian? terima kasih

    • Terimakasih infonya kak. Di jejualan.com sudah ada aplikasi mobile juga 🙂

  2. terima kasih artikelnya sangat bermanfaat terutama saya yang sedang mengelola toko online sepatu cibaduyut. Konversi penjualan merupakan salah satu hal yang paling penting yang jadi fokus perhatian pemilik toko online karena penjualan merupakan nafas mereka untuk bertahan hidup di dunia ecommerce

    • Siap Kak..sama-sama yaah! Semoga sukses selalu bisnisnya 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *